Pages

Labels

Tuesday 8 October 2013

Perangkat Keras



Perangkat Keras

Perangkat keras atau hardware adalah komponen komputer yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia atau yang berbentuk nyata. Berdasarkan fungsinya perangkat keras dibagi menjadi alat input, alat proses, alat simpan, alat output, dan  periferal.
Alat Input adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukan data ke komputer. Ada berbagai macam alat input. Pertama, keyboard adalah perangkat input berbentuk papan ketik yang memiliki tuts atau tombol huruf, tombol angka, tombol karakter khusus, dan tombol fungsi. Kedua, mouse digunakan sebagai alat untuk menunjuk dan menjalankan perintah pada menumenu yang tampak pada layar monitor. Ketiga, scanner adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak. Keempat, joystick dan trackball mempunyai fungsi yang sama yaitu digunakan untuk memasukkan perintah pada saat menjalankan game komputer. Kelima, Barcode reader adalah alat yang bekerja seperti scanner, yakni memindai barcode. Keenam, touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui sentuhan. Ketujuh, kamera digital digunakan untuk mengambil gambar. Kedelapan, kamera video adalah alat untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film.
Kinerja komputer tidak ditentukan atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumah komponen yang disebut alat proses, alat proses ada berbagai macam. Pertama, processor adalah alat utama yang berfungsi mengolah data secara digital. Kedua, RAM (Random Access Memory ) adalah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam memori. Ketiga, mainboard adalah papan elektronik untuk meletakkan berbagai macam komponen computer. Keempat, kartu VGA (Video Graph Array) adalah komponen komputer yang berfungsi menghubungkan mainboard dengan monitor. Kelima, Kartu suara adalah komponen komputer yang berfungsi mengolah suara.
Alat simpan adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data dalam bentuk aslinya (biner). Ada berbagai  macam alat simpan yaitu, harddisk, CD/DVD ROM, USB flashdisk, disket, dan optical disk.
Alat output berfungsi untuk menampilkan informasi yang telah diolah oleh komputer. Macam alat output yaitu, monitor, printer, proyektor LCD, dan speaker.
Periferal adalah perangkat yang ditambahkan pada computer tetapi bukan bagian utama dari arsitektur computer, yang termassuk dalam periferal yaitu kiartu jaringan, modem, hub, dan UPS.




0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About