Pages

Labels

Tuesday 1 October 2013

Data dan Informasi



Data dan Informasi
Data berasal dari kata datum yang berarti fakta, menurut Gordon B. Davis data merupakan bahan mentah dari informasi yang merupakan sekelompok lambang tidak acak yang menunjukan jumlah atau tindakan. Sedangkan informasi menurut Gordon B. Davis adalah sekelompok data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya berupa nilai yang data dipahami.
Data pada komputer digital disimpan pada memori, dan semua data digital dikodekan dalam bentuk kode biner (disimbolkan dengan 0/1), untuk mengkonversi data pada bentuk biner harus memahami konsep basis pada sistem bilangan.
Sistem bilangan dengan basis atau radix ‘r’ adalah suatu sistem bilangan dengan dengan simbol ‘r’ digit. Untuk menentukan bilangan representasi  dilakukan dengan penjumlahan hasilkali tiap digit dengan ‘rn’.. Ada berbagai sistem bilangan yaitu, desimal, biner, oktal, dan heksadesimal. Sistem desimal menggunakan sistem radix 10 yaitu dengan simbol 0, 1,2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Sistem biner menggunakan sistem radix 2 dengan simbol  0 dan 1. Sistem oktal menggunakan sistem radix 8 dengan simbol 0, 1,2, 3, 4, 5, 6, 7. Sistem bilangan oktal dikonversi ke sistem bilangan desimal dengan cara menjumlahkan bobot-bobot digit. Sistem bilangan heksadesimal menggunakan sistem radix 16 dengan simbol 0, 1,2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F, sistem bilangan ini dikonversi dari bilangan desimal ke radix dengan cara dilakukan pemecahan integer dan pecahanya.Konversi bilangan antar sistem bilangan biner, oktal, dan heksadesimal sangat penting bagi komputer digital. Satu digit oktal berkorespondensi  dengan 3 bit biner, dan 1 digit heksadesimal berkorespondensi dengan 4 bit biner.
Representasi data numerik ada berbagai macam yaitu, data numerik integer, data numerik integer bertanda, data numerik desimal. Data numerik integer 1 byte untuk menyimpan 1 bilangan bulat, sedangkan data numerik integer bertanda 1 byte untuk menyiman 1 bilangan bulat dengan tanda (positif maupun negatif). Data numerik desimal untuk menyimpan data bilangan bulat desimal.
Representatasi data alfanumerik, banyak komputer digital tidak hanya membutuhkan data berupa bilangan saja tapi juga huruf dan karakter-karakter khusus. Standard lama yang digunakan untuk konversi alfanumerik adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange), yang menggunakan 8 bit untuk mengkode 256 karakter. Sedangkan standard baru yang digunakan untuk konversi alfanumerik adalah kode Unicode yang menggunakan 16 bit yang berarti mampu mengkodekan 65.536 karakter.
Representasi citra digital, semua gambar yang bisa disimpan dan diolah dah dalam komputer digital disebut dengan citra digital. Citra disusun dari pixel, dan banyaknya ixel disebut dengan resolusi. Resolusi bisa dinyatakan dalam 2 cara dengan cara dimensi panjang x lebar dan banyaknya pixel. Format bmp yaitu format penyimpanan citra yang langsung memetakanya dengan warna (RGB). Format lain dari citra tidak hanya bmp, ada jpg, gif, png, dan lain sebagainya, format-format tersebut memiliki ukuran yang lebih kecil dari bmp karena telah mengalami kompresi.


0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About