Pages

Labels

Tuesday 19 February 2013

Fasisme Italia


Italia merupakan salah satu negara di Eropa yang ikut terlibat dalam Perang Dunia I, tetapi mengalami kekalahan, bahkan negaranya berakhir dengan kehancuran. Berangkat dari kondisi yang kurang menguntungkan itu, Italia bangkit dengan membangun fasisme Italia.

1.     Terbentuknya fasisme di Italia
Terbentuknya paham fasis dipelopori oleh Benitto Mussolini di dorong oleh beberapa faktor berikut:
ü  Kekecewaan rakyat Italia atas penyimpitan wilayah (hanya dapat wilayah Tirol dan Istria ) akibat Perang Dunia I yang bertolak belakang dengan cita-cita negara Italia, yaitu Italia Irrendenta atau Italia Ia Prima.
ü  Keinginan Italia untuk mengulang masa kejayaan Romawi Kuno dengan lambang fascio
ü  Kelemahan atas atas kebijakan pemerintah ketika di pimpin oleh Raja Victor Emmanuel III
ü  Kemenangan partai fasis saat pemilu tahun 1923 dengan mengalahkan partai sosialis dan memperoleh sebagian besar dari jumlah kursi yang ada.

2.     Berkembangnya fasisme Italia
Bennito Mussolini memperoleh kemenangan dalam pemilu pada tahun 1923 dan dapat menduduki jabatan perdana mentri pada tahun 1924. ia memerintah secara ditaktor, yakni berkuasa mutlak untuk memaksa rakyat dengan menggunakan paham yang mengutamakan kepentingan negara adalah segala-galanya sehingga siapapun tidak boleh menentang negara dan kepentingan negara.
Upaya Bennito Mussolini sebagai pemimpin partai Combattimento atau persatuan perjuangan dalam mengembangkan kekuasaanya telah mengambil beberapa tindakan berikut:
ü  Menyingkirkan lawan-lawan politiknya yang mencoba merintangi usahanya.
ü  Membentuk Italia Irrendenta atau Italia Raya, seperti zaman Romawi Kuno dengan usaha menduduki wilayah di sekitarnya.
ü  Membentuk hubungan politik poros Roma – Berlin yang isinya antara lain, Jerman akan membantu Italia melawan Inggris di Laut tengah dan Italia akan membantu mengembalikan wilayahnya yang di ambil Inggris  saat perang Perang Dunia I.
ü  Membentuk hubungan politik poros Italia, Jerman, dan Jepang untuk menghadapi Rusia yang di tandai dengan perjanjian antikomunis internasional (Anti Comintern Pact).

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About