Pages

Labels

Monday 9 December 2013

Komunikasi Data


Komunikasi Data
Komunikasi data adalah Semua tipe data yang dapat disimpan dan diolah pada sebuah komputer dapat ditransfer melalui jaringan komputer melalui jaringan komputer.  Aplikasi komunikasi data antara lain fax, akses onlinesebagai sumber informasi, pengunduhan perangkat lunak, e-mail, belanja online, dan lain sebagainya.
Perangkat jaringan komputer antara lain kabel, ada tiga macam kabel yaitu coaxial, tembaga, dan fiber optik. Server, komputer yang didedikasikan untuk menyediakan sejumlah layanan yang diperlukan komputer lain (klien). Kebutuhan perangkat server bervariasi, tergantung dari layanan yang disediakan. Router berfungsi sebagai penghubung beberapa subjaringan yang berbeda dan untuk meneruskan data pada subjaringan yang berbeda.  Switch berfungsi sebagai penghubung beberapa perangkat pada subjaringan yang sama dan untuk meneruskan data pada jaringan yang sama. Modem untuk mengubah sinyal digital ke sinyal analog maupun sebaliknya. Access Point digunakan pada jaringan nirkabel untuk menerima sinyal.
Jaringan komputer adalah sebuah system yang terdiri dari sejumlah komputer yang dirancang untuk dapat berbagi sumber daya, dapat berkomunikasi, dapat mengakses, dapat mengakses informasi. Jaringan komputer berdasarkan jangkauan geografisnya dibagi menjadi tiga yaitu Local Area Network, Wide Area Network, Metropolitan Area Network. Bardasarkan distribusi sistem informasinya jaringan computer dibedakan menjadi dua yaitu jaringan terpusat dan jaringan terdistribusi. Berdasarkan media transmisi datanya jaringan computer dibedakan menjadi berkabel dan nirkabel. Berdasarkan peranan komputernya jaringan computer dibagi menjadi dua yaitu jaringan jaringan client server dan jaringan peer to peer. Berdasarkan topologi jaringan dibedakan menjadi empat yaitu bus, tree, star, dan ring.
Permasalahn pada komunikasi data antara lain kecepatan transfer yang lambat dan teknik komunikasi yang kompleks. Mode transmisi pada komunikasi data dibagi menjadi tiga yaitu simplex, half duplex, full duplex.
Protokol pada jaringan computer, Ketika dua system computer berkomunikasi melalui jaringan, yang terjadi adalah pertukaran pesan. Setiapperangkatjaringan harus berkomunikasi dalam struktur pesan yang sama. Oleh karena itu struktur pesan yang melalui jaringan sudah distandarisasi dan dideskripsikan dalam serangkaian aturan yang  dideskripsikan dalam serangkaian aturan yang disebut sebagai protocol.



0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About