Pages

Labels

Monday 9 December 2013

Sistem Operasi


Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan progam yang mengatur eksekusi program dan bertindak sebagai interface antara aplikasi dan perangkat keras. Adapun tujuan dari sistem operasi yaitu kemudahan, efisiensi, dan kemampuan untuk berkembang. Komponen sistem operasi meliputi managemen proses, managemen memori utama, managemen berkas, managemen I/O, managemen penyimpanan sekunder, jaringan, sistem proteksi, dan command interpreter systems. Jenis-jenis sistem operasi  DOS (Disk Operating System), Windows, Macintosh, OS/2, Unix
Dalam sistem operasi terdapat beberapa layanan yaitu menyediakan user interface, menyediakan program execution, menyediakan I/O  operations, menyediakan file system  manipulation, menyediakan system communications /  networking, mampu melakukan error detection , mampu melakukan resource sharing, ada fasilitas security , dan fasilitas accounting system.
Process dan thread-Process adalah suatu operasi yang sedang berjalan,sedangkan thread adalah beberapa pekerjaan yang dijalankan dalam satu prosesnya. Adanya process dan thread memungkinkan untuk membagi pekerjaan secara terstruktur. Process schedulling adalah  aktivitas yang digunakan untuk menjalankan program mana yang akan dieksekusi. Akses secara konkuren ( hampir bersamaan )  terhadap data  yang  bersifat shared, dapat menyebabkan data  tidak konsisten atau rusak/korup dan terjadi race condition. Oleh karena itu,  di perlukan me kanisme sinkronisasi untuk menghindari kejadian seperti itu. Virtual memory adalah memory  yang dicipta untuk menambah memory   utama yang terbatas . Dalam perangkat I/O terdapat berbagai perangkat yaitu perangkat block, perangkat character, dan perangkat jaringan.
Sistem operasi Linux dibuat oleh Linus Tovald, terinspirasi dari Minix. Pada agustus 1991 keluar linux versi 0.01. Linux bisa diperoleh dalam berbagai distribusi biasa disebut DISTRO Linux. Distro adalah bundel dari kernel linux, beserta sistem dasar linux, program instalasi, tool basic dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan DISTRO. File sistem linux berbeda dengan Windows,  linux menggunakan sistem direktory direktory untuk menyimpan file filenya. Perintah-perintah dalam linux dilakukan dalam terminal perintah ini dikerjakan dengan memasukan kata kunci untuk suatu task tertentu. Namun pada versi dekstop telah menggunakan GUI untuk melakukan pekerjaan. Linux mengenal dua metode instalasi yaitu binary dan kode sumber. RPM adalah Red   Hat Package Manager,  dan satu lagi TAR Untuk TAR adalah format install satu lagi TAR. Untuk TAR   adalah format install yang lebih umum. Pentah di linux case sensitif dan tidak semudah instal OS di microsoft. Standar  Sistem Operasi  adalah mampu mengatur user atau pemakai   OS.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About